Menu

Menjadi Ibu, Memintal Cinta Bersama Miyako Nanoal


Menjadi Ibu, Memintal Cinta Bersama Miyako Nanoal (kucingdomestik.com)

Kalau ditanya apa satu kata yang mendeskripsikan 2023 bagiku, maka jawabannya adalah: ajaib. Tahun 2023 adalah tahun yang ajaib bagiku, karena di tahun inilah aku menyandang peran baru sebagai seorang ibu. Dulu sebelum melahirkan, aku sering berpikir, "Bisakah aku jadi ibu yang work-life balance seperti Nikita Willy Si Brand Ambassador Rice Cooker Miyako itu?" 
Aku mendamba jadi ibu yang hadir dengan kasih, jago masak, namun juga tanpa kehilangan dirinya. Sekarang, tepat di penghujung tahun, aku mau membagikan perjalanan itu dalam tulisan ini.

______________________________________________________________________________

Tahun 2023 ini aku menjadi ibu untuk pertama kali. Tidak tanggung-tanggung, aku dipercaya Tuhan membersamai dua anak sekaligus. Buat yang belum tahu, saat ini aku punya dua putri kembar. Namanya Kamaya (Aya) dan Kisae (Sae) yang saat ini berusia 9 bulan.

Momen tak terlupakan, perdana mendekap Aya dan Sae

Menjadi ibu sungguh tidak mudah, namun juga sekaligus anugerah terindah. Menjadi ibu berarti sebuah proses dan pembelajaran seumur hidup. Menjadi ibu tak hanya mendampingi sang buah hati tumbuh, namun juga harus mau ikut bertumbuh.

Ibu adalah sebuah bentuk cinta. Yang setiap senyumnya adalah bait-bait doa. Yang tutur serta lakunya diawasi semesta. Ibu adalah tempat pulang, dimana peluknya selalu bersemayan kehangatan.

Ibu adalah sebuah potret keikhlasan dan pengorbanan. Demi anak selamat dilahirkan, seorang ibu bukan hanya ikhlas kehilangan waktu me time atau bentuk badan, bahkan nyawa pun siap digadaikan. Aku sendiri sempat merasakan berada di antara hidup dan mati ketika kritis karena preeklamsia pasca-melahirkan. Tidak masalah, toh segalanya sepadan.

Nikita Willy, Sosok Ibu yang Menginspirasi

Nikita Willy dan Miyako Nanoal

Sebelumnya aku belum pernah merasakan jadi ibu. Sehingga ketika resmi menyandang status sebagai ibu, segalanya masih serba baru. Aku membutuhkan banyak guru untuk mengajariku melewati hari-hari sebagai ibu. Siapa saja bisa menjadi guruku, baik orang tua, teman-teman ibu senior, dokter dan tenaga medis lainnya, buku-buku, artikel di internet, media sosial, hingga sosok publik figur yang menginspirasi.

Nikita Willy adalah salah satu sosok ibu yang banyak menginspirasiku. Dia masih terhitung sebagai ibu baru bagi putranya, Baby Izz. Sebagai publik figur yang tentunya punya kesibukan lebih dari ibu rumah tangga biasa sepertiku, aku melihat Nikita Willy benar-benar mengambil perannya sebagai ibu dengan sangat serius.

Nikita Willy diketahui mengasuh sendiri Babby Izz tanpa bantuan baby sitter. Dia menerapkan sejumlah aturan untuk bayinya dengan lembut namun konsisten. Misalnya sleep training, feeding rules, juga pembatasan gadget dan lebih banyak membacakan buku.

Nikita Willy yang Menginspirasi

Di samping itu, Nikita Willy juga memberi contoh bagaimana berbagi peran yang setara dengan suaminya dalam hal pengasuhan anak. Ayah benar-benar ikut terlibat dalam membersamai tumbuh kembang anak. Ini hal yang sangat baik mengingat fakta bahwa Indonesia adalah termasuk dalam kategori fatherless contry.

Lalu bagian yang kerap diabaikan banyak ibu adalah, bagaimana Nikita Willy ternyata tetap punya waktu untuk memperhatikan dan merawat dirinya sendiri. Dengan segala kesibukannya, Nikita masih menekuni hobinya berolahraga dan menari. Nikita Willy mengajarkanku bagaimana kebahagiaan seorang ibu itu sama pentingnya dengan kebahagiaan anggota keluarga yang lain. Malah, sesungguhnya ibu yang berbahagialah yang jadi kunci anak-anak berbahagia.

Memintal Cinta Lewat Dapur dan Masakan

Meski sibuk, Nikita Willy masih sempat memasak untuk keluarga 

Dilihat dari aspek manapun, aku dan Nikita Willy memang ibarat langit dan bumi. Beda kasta, beda dunia. Meski demikian, rupanya ada satu persamaanku dengan Nikita Willy, yakni kami sama-sama memintal cinta lewat dapur dan masakan. Nikita Willy cukup sering memamerkan aktivitasnya memasak hidangan lezat untuk keluarganya.

Aku dan Nikita Willy kebetulan sama-sama berasal dari Sumatera. Bagi kami orang Sumatera, masakan adalah sumber kebahagiaan, wujud cinta, penghormatan, juga rasa syukur. Orang Sumatera kalau makan piringnya harus "ramai" karena tidak pernah diajari berhemat atau berlaku prihatin kalau menyangkut soal makanan. Makanya, jangan heran jika di rumah makan padang atau Palembang langsung disuguhi bermacam-macam hidangan sekaligus nyaris seperti sedang kondangan. Sebab dalam keseharian, kami terbiasa disiapi makanan yang demikian oleh Ibu kami di rumah.

Contoh masakanku untuk keluarga

Aku terbiasa memasak sepenuh hati untuk keluarga. Lewat masakan, aku menambahkan banyak cinta di dalamnya. Lewat menghabiskan setiap bekal yang dibawanya ke kantor, suamiku membalas semua cinta itu sama besarnya. Lewat menghabiskan setiap porsi MPASI-nya, bayi-bayiku paham kalau aku mencintai mereka.
Terkadang bahasa cinta ibu memang tak selalu berupa untaian kalimat indah. Lebih sering berupa telapak tangan yang beraroma kunyit atau bawang merah.

 

Masak Lebih Optimal Bersama Miyako Nanoal

Mengurus bayi kembar tentunya jauh lebih riweh ketimbang satu bayi saja. Ibu dituntut harus lebih kreatif dalam membagi waktu. Termasuk dalam urusan memasak, efisiensi waktu mutlak diperlukan. Dalam hal ini, aku sangat terbantu dengan hadirnya sejumlah barang elektronik yang memudahkan proses memasak seperti chopper, blender, air fryer, dan (tentu saja) rice cooker.

Nikita Willya, Brand Ambassador Miyako

Berbicara tentang rice cooker, dari Nikita Willy selaku brand ambassador Miyako, aku mengenal Rice Cooker Miyako MCM-586 BH yang menggunakan panci nanoal. Iya, Nikita Willy Pakai Miyako lho gaes!

Nah, sebagai makhluk yang cukup visual, aku merasa langsung jatuh hati ketika lihat rice cooker ini "bersanding" dengan Nikita Willy. Desain dengan warna baby pink-nya terlihat imut, manis, dan sangat cocok dengan dapur kontrakanku yang minimalis.

FYI, buat yang belum tahu, nanoal adalah suatu lapisan anti lengket pada panci rice cooker yang membuatnya tidak mudah tergores, lebih tahan lama, dan tidak membuat nasi cepat kering. Pada Rice Cooker Miyako MCM-586 BH, nanoalnya terbuat dari bahan berlian hitam.

Alasan memilih Miyako Nanoal

Meski sekilas terlihat mungil dan imut, namun kapasitas Rice Cooker Miyako MCM-586 BH ini sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari keluarga kecilku. Panci nanoal-nya muat menampung beras hingga 1,8 liter dan untuk nasi mencapai 5 liter. Wah, besar juga ternyata.

Aku sangat terbantu dengan fitur 3 in 1 rice cooker ini. Tidak hanya bisa memasak dan menghangatkan nasi, namun juga ada fungsi mengukus yang banyak membantuku dalam membuat MPASI untuk si kembar. Jadi ketika masak nasi untuk orang dewasa, kukusannya bisa sekalian membuat nasi lembek atau bubur untuk bayi. Terlebih, Panci Nanoal Miyako ini sudah lulus uji food grade serta bersertifikasi bebas dari zat kimia asam perfluorooctanoic (PFOA) berbahaya. Jadi dijamin aman dan ga was-was lagi untuk menyiapkan makanan untuk keluarga.

Fitur kukusan Rice Cooker Miyako Bisa dipakai untuk memasak MPASI (sc. YouTube Bunda Juna Jasmine)
_________________________________________________________________________

Menjadi ibu memang penuh tantangan. Namun dengan berbagi peran bersama pasangan dan peralatan rumah tangga seperti rice cooker Miyako yang bisa diandalkan, semuanya dapat dengan baik berjalan. Menyajikan masakan yang enak adalah salah satu caraku untuk hadir dan mengalirkan cinta pada keluarga. Karena di dalam setiap masakan, ada kasih sayang ibu yang tak lekang oleh zaman.

Menjadi Ibu adalah pembelajaran sepanjang masa



4 komentar:

  1. Tanpa ucapan "ibu sayang banget sama kalian" yang nggak jadi kebiasaan di setiap rumah, tapi lewat masakannya seorang ibu menunjukkan wujud cinta itu.

    Rice cooker Miyako ini emang andalan. Di rumah kami juga pake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga terjangkau namun kualitas Miyako ga kaleng kaleng

      Hapus
  2. Makasih banyak udah yang dimasakin yang enak-enak terus, mommy. Bekal-bekalmu nggak pernah fail. Apalagi belakangan dimasakin sapi rica lah, gulai tetelan lah, beuh.. favorit bapak semua.

    Nanti bapak tambahin lagi perlengkapan masak yang lain dari Miyako, biar mommy semakin semangat dan dimudahkan. Nggak salah ya punya Miyako MCM 586 BH ini

    BalasHapus

Baca juga

Mimpi 15.529 Km

Tulisan ini dibuat dengan rasa rindu yang sangat, pada sosok manusia paling kontradiktif yang pernah kukenal : Papa. Mimpi 15.529 km | kuc...