Menu

Menjajal Manfaat Game untuk Kesehatan Mental Bersama ASUS ROG Phone 8


ASUS ROG Phone 8


“Kamu suka main game nggak sih? Main game coba, 1-2 jam per hari. Itu bagus buat kesehatan mental karena bisa membantu kamu rileks dan memperbaiki suasana hati,” saran psikiater saya suatu ketika.

Saya memang rutin mengunjungi poli jiwa secara berkala. Masih berjuang mengatasi ADHD di usia dewasa yang kemudian melahirkan banyak episode depresi dan gangguan kecemasan.

Lebih lanjut, psikiater saya menjelaskan bagaimana obat-obat yang saya konsumsi selama ini bekerja. Kebanyakan berupa antidepresan yang berfungsi meningkatkan kadar serotonin, yakni salah satu hormon bahagia dalam tubuh.

Serotonin ini bisa diproduksi alami, dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, di antaranya bermain game.

Senada dengan yang disampaikan psikiater saya, sebuah studi global "Power of Play" yang disusun oleh Video Games Europe, bekerja sama dengan asosiasi perdagangan video game di Australia, Kanada, Korea Selatan, dan Amerika Serikat, memberikan wawasan baru mengenai dampak besar video game terhadap pemain yang berkaitan erat dengan kesehatan mental.

Melansir unric dot org, dalam studi yang telah mensurvei hampir 13.000 pemain di 12 negara tersebut, ditemukan bahwa sebanyak 71% responden merasa video game berfungsi sebagai pereda stres, 55% sebagai sarana untuk melawan isolasi, dan 64% beralih ke game untuk membantu mereka menghadapi tantangan sehari-hari.

Tak hanya itu, masih dalam studi yang sama, gamer Eropa memuji pengalaman bermain game mereka yang meningkatkan kreativitas (73%), menyempurnakan keterampilan pemecahan masalah (66%), dan meningkatkan fungsi kognitif (68%).

Ketika perbincangan seputar kesehatan mental semakin meluas secara global, hasil-hasil ini menggarisbawahi potensi video game untuk dimanfaatkan sebagai kontributor positif terhadap kesejahteraan mental.

Meski demikian, yang perlu digaris bawahi adalah apapun yang berlebihan tetaplah tidak baik. Masyarakat umum, khususnya para gamer tetap harus mewaspadai munculnya sejumlah pengaruh yang kurang baik, seperti kecanduan atau adiksi. Game ibarat sebilah pisau yang bisa bermanfaat sekaligus merusak kesehatan mental. Tergantung dari sisi mana kita mau melihatnya.


Nah, ngomongin game, tentunya akan lebih menyenangkan jika dibarengi gawai yang mumpuni. Saya pribadi dalam memilih gadget memang tidak terlalu mengutamakan fitur-fitur gaming saja. Saya lebih memilih yang punya performa maksimal untuk menunjang kebutuhan dan pekerjaan saya sebagai seorang freelancer dan konten kreator.

Namun, jika ada smartphone gaming yang bisa menjawab kebutuhan saya, why not?

Misalnya ASUS ROG Phone 8. Smartphone gaming terbaru yang diluncurkan ASUS ini punya sejumlah keunggulan yang bikin saya tidak sabar memilikinya.

Performa yang Tak Tertandingi



Performa maksimal adalah kunci dalam menentukan smartphone yang akan saya dibeli. Kalau ROG Phone 8 sih tidak perlu diragukan. Mengandalkan Snapdragon 8 Gen 3, 8533 Mbps LPDDR5X RAM, dan UFS 4.0, ROG Phone 8 menjamin performa maksimal bahkan terbukti mampu mengungguli semua pesaing di kelasnya dalam uji benchmark.

Tidak ada cerita lagi HP panas kalau dipakai nge-game, membuat konten, streaming dan netflix-an, atau malah live dan meeting online dalam waktu lama. Ga perlu repot lagi siapin kipas angin atau gelas berisi es batu untuk mendinginkan.

Tidak ada alasan lagi hape panas ketika asyik main game, bikin konten, streaming, bahkan live di waktu yang lama. Tidak ada ceritanya cari kipas buru-buru bikin semua pekerjaan terganggu. Ini karena ROG Phone 8 sudah dilengkapi dengan Rapid Cooling Conductor dipadukan dengan desain termal GameCool 8 mengalirkan panas langsung ke penutup belakang sehingga ASUS ROG Phone 8 auto adem.

Selain itu, AeroActive Cooler X terbaru juga disematkan sehingga mengurangi temperatur tutup belakang hingga 26 derajat. Waaahhh, keren banget sih ini!

Eits, keunggulan ROG Phone 8 ini nggak cuma performanya lho, tetapi juga pada kemampuan daya tahan yang tinggi. Dengan sertifikasi IP68, satu-satunya yang dipunyai oleh ponsel gaming di dunia, menjamin ROG Phone 8 ini bakal lebih awet.


Layar Ultra Bright untuk Kenikmatan Visual


Tidak bisa dipungkiri, di zaman sekarang kenikmatan visual masih yang paling dicari. Baik untuk kebutuhan gaming atau untuk kebutuhan nonton dan ngonten, performa layar di smartphone sangatlah penting.

FYI, ROG Phone 8 memberikan inovasi layar berupa AMOLED Fleksibel 6.78 inci dari Samsung E6 yang didukung oleh teknologi kecepatan refresh adaptif menggunakan LTPO.

Artinya, sesuai kata adaptif, layar ini bisa menyesuaikan refresh rate dari 1 hingga 120 Hz yang berimbas pada konsumsi daya yang optimal dan efisien.

Para gamer bakal dimanjakan karena kecepatan refresh bisa diatur hingga 165 Hz sehingga pengalaman main game bakal semulus pipi bayi.

Pernah ga sih sulit melihat layar ponsel saat di asyik ngonten di bawah terik matahari? Nah, ga perlu khawatir lagi kalau pakai ROG Phone 8 sebab tongkat kecerahannya telah dimaksimalkan menjadi 2500 nits.

Kolaborasi yang kuat dengan Pixelworks®, perusahaan terkemuka dalam pemrosesan visual, memastikan visual ROG Phone 8 menjadi yang terdepan dengan akurasi warna terbaik di dunia.

Dengan demikian, kita bakal mendapatkan kenikmatan visual yang paling memukau.
AI Kamera Kunci Bebas Berekspresi di Era Digital

Di era digital seperti sekarang, keberadaan fitur kamera dalam smartphone tidak lagi bisa terpisahkan. Sayangnya, selama ini cukup sulit mencari ponsel gaming yang memiliki fitur kamera yang maksimal.

Tapi kamera Asus ROG Phone 8 ini tidak perlu diragukan. Fitur Kecanggihan tri-camera system menjamin pengguna bebas berekspresi di era digital ini. Tiga kamera tersebut memungkinkan kita menjelajahi dunia fotografi dan videografi tanpa batas.

Kamera utama seri ini menggunakan sensor gambar Sony 50 MP yang terbaru. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengambil gambar dan video yang jelas dan tajam. Selain itu, mode zoom 2X membuatnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna.


Lensa telepoto 3X juga disematkan dan menjadi pertama kalinya bagi seri ROG Phone. Dengan lensa ini, kamu bisa mengambil gambar dengan obyek yang jauh. Untuk video pun tidak masalah. Dengan EIS adaptif, video yang dihasilkan stabil hingga zoom 10X.

Kamera ultrawide 13 MP dengan lensa free-form dilengkapi algoritma canggih ASUS menciptakan gambar natural yang minim distorsi. Tak ketinggalan, kamera selfie 32 MP menjadi pelengkap dengan fitur Field of View 90 derajat dan sensor RBNW yang menangkap gambar lebih luas dengan noise lebih sedikit.

Ada peran eknologi OZO Audio untuk menghilangkan suara mengganggu, 6 Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 untuk video tanpa guncangan, OIS internal untuk memberikan hasil tajam bahkan dalam kondisi minim cahaya, HyperClarity untuk mempertahankan kejernihan setiap detail juga membuat ROG Phone 8 bukan hanya sekadar sebuah smartphone gaming biasa.


Fitur AI Inovasi yang Manjakan Dunia Virtual


Hal paling menyebalkan dari bermain game adalah ketika harus berhenti dan keluar game hanya untuk menjawab pesan masuk seseorang. Tapi hal ini tidak perlu terjadi jika pakai ROG Phone 8. Inovasi Background Mode di ponsel ini memungkinkan pengguna dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang..

Momen-momen fenomenal ketika main mobile legend, atau PUBG Mobile bisa dengan mudah pula dibagikan dengan X Capture.

AI Grabber membuat gamer terbantu karena dapat menangkap teks jika ada informasi penting di permainan. Juga dengan X Sense yang bisa memberi tips and tricks saat bermain untuk pengguna.

Selain penerapan AI di dalam game, ada pula fitur AI lain bagi kehidupanmu sehari-hari.

Semantic Search, dengan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan, membantu pengguna dengan pencarian yang lebih intuitif dan efisien.

Pengguna ROG Phone 8 juga bisa menciptakan wallpaper dengan AI Wallpaper melalui teknologi Stable Diffusion. AI noise-cancellation bikin bebas gangguan dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game.

Waaahh, dunia virtual semakin dimanjakan saja!


Anime Vision, Maksimalkan Design Tampilan Elegan nan Mahal


Saya selalu suka desain tampilan produk-produk ASUS yang selalu tampak elegan dan mahal. Tak terkeciali ASUS ROG Phone 8 ini yang tampak unik adalah dengan adanya layar Mini LED Anime Vision dengan 341 elemen yang bisa diatur sendiri.

Hal ini bisa menampilkan elemen animasi yang sesuai dengan kepribadian pengguna.

Tampilan smartphone ini semakin ciamik pula logo Aura RGB Lighting khas ASUS ROG yang kece badai.

Oh iya, pengguna juga bisa membangun interaksi bagi pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition dengan membuka kunci animasi rahasia dengan saling menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain. Serunya!

Promo Launching ASUS ROG Phone 8
 



Dengan seabrek fitur canggih yang dapat dinikmati, ASUS ROG Phone 8 nyatanya dapat dimiliki dengan harga yang cukup affordable. Nah, buat kalian yang kepingin segera adpsi, ada promo-promo khusus selama periode launching ini untuk setiap pembelian ASUS ROG Phone 8 Series, baik secara online maupun offline

Harga & Ketersediaan ROG Phone 8

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp. 19.999.000

Promo ROG Phone 8

  • First Sale Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
  • Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.
  • Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
  • Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.
  • Consumer Launch Sales Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Gimana? Ga sabaran kan pengen punya ASUS ROG Phone 8? Grab it fast, guys!

_____________________________________________



Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Competition di Blog Travelerien







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca juga

Mimpi 15.529 Km

Tulisan ini dibuat dengan rasa rindu yang sangat, pada sosok manusia paling kontradiktif yang pernah kukenal : Papa. Mimpi 15.529 km | kuc...