Menu

Peran Babinsa dan PKK dalam Perangi Stigma Penyakit Kusta



Di dusun orang tua saya, di salah satu desa di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, kusta (atau dikenal juga dengan lepra) masih dianggap sebagai tulah atau penyakit kutukan juga guna-guna. Penderitanya sering dijauhi, dikucilkan, atau malah diisolasi keluarganya sendiri karena malu. Tidak heran jika penderita kusta yang ada malah jadi enggan berobat akibat masih suburnya stigma negatif yang berkembang di masyarakat.

Stigma negatif terhadap penyakit kusta ini tidak boleh dibiarkan. Menurut data WHO, Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga kasus kusta terbanyak di dunia setelah India dan Brasil. Total penderitanya mencapai 18.000 kasus.

Padahal, kusta bukanlah jenis penyakit yang menular dengan mudah. Kusta tidak bisa ditularkan lewat jabat tangan, berpelukan, duduk bersebelahan, bahkan tidak menular antara ibu dan bayi lewat persalinan.

Butuh waktu untuk kusta dapat menular karena masa inkubasinya tidak sebentar. Juga butuh bersinggungan dengan penderita secara intens untuk bisa menular. Sehingga, seharusnya masyarakat tidaklah perlu mengucilkan penderita dengan alasan takut tertular.


Untuk memerangi stigma negatif kusta di masyarakat agar penderitanya tidak terus bertambah akibat enggan berobat, perlu keterlibatan semua pihak untuk bekerja sama. Salah satunya seperti yang belum lama ini dilakukan NLR (No Leprosy Remains) yakni dengan menggelar roadshow di Slawi, Tegal, dan Cirebon. Roadshow tersebut terselenggara pada awal Juni 2023 lalu dengan menggandeng BABINSA (Bintara Pembina Desa) dan ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga).






Saya mengetahui informasi ini setelah menyimak live show bertajuk "Gaung Kusta Bersama Babinsa dan PKK) di Ruang Publik KBR (Kantor Berita Radio) lewat siaran langsung di Youtube pada 14 Juni 2023 lalu. Hadir sebagai narasumber, Kapten Inf. Shokib Setiadi (Pasiter Kodim 0712/Tegal) dan Ibu Elly Novita, S.KM, MM (Wakil Ketua Pokja 4, TP PKK Kabupaten Tegal) yang kemudian banyak berbagi cerita terkait peranan pihaknya dalam memerangi stigma penyakit kusta di masyarakat.

Anggota Babinsa dan PKK adalah garda terdepan yang banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat. Mereka telah mendapat edukasi dan penyuluhan seputar kusta dalam roadshow yang digelar NLR sehingga bisa meneruskan informasinya kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Pak Shokib Setiadi menyatakan pihaknya menyambut baik adanya roadshow leprosy tersebut. "Roadshow tersebut menjadi bahan edukasi tim untuk nanti diteruskan melalui penyuluhan dan pendampingan ke masyarakat," kata Shokib.

Babinsa sebagai perangkat keamanan di desa-desa memang punya kewajiban menjaga kondisi di desanya masing-masing termasuk dari bahaya penyakit menular. Dalam hal ini, babinsa punya kesempatan lebih dalam mengedukasi masyarakat terkait penyakit kusta. Termasuk meluruskan kesalahpahaman atau stigma negatif yang terlanjur beredar di masyarakat.

Shokib menambahkan, sebagai wujud komitmen Babinsa untuk NLR Indonesia, pihaknya juga rutin menggelar komunikasi sosial sebagai wadah diskusi dengan warga. "Harapannya jika warga sudah terbiasa ngobrol bersama kami, nantinya warga akan lebih terbuka. Sehingga keluhan-keluhan akan gejala penyakit kusta bisa diketahui lebih awal sebelum menjadi lebih parah," jelas Shokib.

Tidak hanya itu, Babinsa menurut Shokib juga masih konsisten menggelar kegiatan-kegiatan lintas sektoral yang membahas berbagai aspek di wilayahnya, dari politik hingga kesehatan. Dengan demikian, Babinsa juga punya wewenang untuk menggandeng tenaga kesehatan untuk melakukan edukasi langsung di masyarakat.

Sementara itu Ibu Elly Novita, S.KM, MM selaku Wakil Ketua Pokja 4, TP PKK Kabupaten Tegal menyoroti akibat buruk stigma negatif tentang kusta di masyarakat. Penderita menjadi takut dan malu untuk berobat sehingga malah mempertinggi tingkat penularan.

Padahal, dijelaskan Elly, jika sudah memiliki tanda-tanda penyakit kusta, penderita harus segera melaporkan diri ke puskesmas tedekat untuk mendapat penanganan. Jika betul terkonfirmasi kusta, maka keluarga yang tinggal serumah dan tetangga terdekat bisa turut mendapatkan obat untuk mencegah penularan.

Dikatakan Elly, meski ibu-ibu PKK punya kesempatan lebih untuk mengedukasi masyarakat terkait kusta karena langsung bersinggungan dengan masyarakat, pihaknya berharap tokoh-tokoh masyarakat seperti pamong desa dan pemuka agama bisa turut ambil bagian dalam memerangi kusta ini. "Tokoh masyarakat, pamong desa atau pemuka agama adalah sosok yang dihormati di masyarakat. Suara mereka cenderung lebih didengar. Akan sangat membantu jika ada keterlibatan tokoh-tokoh ini dalam mengedukasi warga," kata Elly.

Saya tidak tahu apakah roadshow yang penuh edukasi dan penyuluhan ini dilakukan di wilayah lain atau tidak. Namun saya pribadi berharap, roadshow semacam ini bisa dilakukan merata di daerah-daerah lain di Indonesia. Termasuk di dusun orang tua saya di Banyuasin dan tidak hanya mencakup wilayah pulau Jawa saja.

Dengan demikian, pemahaman terkait kusta ini bisa menjangkau lebih banyak masyarakat. Semakin masyarkat tahu dan teredukasi, tentunya diharapkan bisa turut menurunkan bahkan menghapuskan kasus kusta di Indonesia dan menjadikan negeri ini bebas kusta sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca juga

Mimpi 15.529 Km

Tulisan ini dibuat dengan rasa rindu yang sangat, pada sosok manusia paling kontradiktif yang pernah kukenal : Papa. Mimpi 15.529 km | kuc...