Menu

Hutan, Durian, dan Langkah Kecilku Menjaga Lingkungan


Aku di Hutan Bengkulu

Lahir, besar, dan menghabiskan lebih dari separuh hidupku di Provinsi Bengkulu membuatku cukup akrab dengan hutan. Tidak heran, karena Provinsi di pesisir Selatan ini 43% wilayahnya adalah hutan.

Komoditas hutan Bengkulu yang paling mudah dinikmati langsung adalah durian. Aku sampai dapat julukan "hantu durian" oleh teman-temanku saking nge-fansnya sama buah satu ini. Rekor terbaikku adalah menghabiskan durian sebanyak satu karung ukuran beras 20 kg dalam waktu sehari semalam 🤣

Aku dan Durian

Setelah kemudian pindah ke Palembang, Jogja, dan sekarang akhirnya menetap di Bandung, aku masih merindukan masa-masa berburu durian di Bengkulu. Aku sungguh rindu menikmati durian yang baru jatuh dari pohon langsung di kebunnya. Dengan hanya membayar sekian puluh ribu rupiah saja, boleh makan sepuasnya selama tidak dibawa pulang.

Siapa yang menyangka, kegilaanku terhadap durian itu rupanya berpengaruh terhadap mitigasi perubahan iklim. Lho, kok bisa?

Dalam online gathering bareng #EcoBloggerSquad akhir Mei lalu bertajuk “Peran Komunitas untuk Menjaga Hutan dalam Mitigasi Perubahan Iklim", saya baru tahu kalau pohon durian dapat menyerap karbondioksida (CO2) dan mengurangi efek rumah kaca. Satu pohon durian bisa menyerap sekitar 1,42 ton CO2 setiap tahunnya. Bayangkan, ada berapa ribu pohon durian di hutan-hutan Bengkulu?

Rajin mengonsumsi dan membeli durian berarti turut menjaga kelangsungan pohon-pohon tersebut. Bapak Nasiun dari Desa Air Tenam, Bengkulu Selatan bahkan saat ini masih setia menjaga pohon-pohon durian di desanya yang totalnya mencapai 1677 hektar. Wow!

Hutan dan Perubahan Iklim

Pemanasan global dan perubahan iklim adalah sesuatu yang nyata. Sudah dan sedang terjadi saat ini di seluruh belahan Bumi, termasuk di Indonesia. Pasti kita semua sudah mulai merasakannya, mulai dari cuaca yang makin labil, badai lebih hebat, air makin langka dan kekeringan semakin sering, sampai mulai banyaknya penyakit yang aneh-aneh.

Salah satu upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim ini adalah dengan menjaga kelestarian hutan. Indonesia sebetulnya negara dengan jumlah luas hutan yang tidak sedikit, bahkan menjadi nomor tiga sedunia. Totalnya mencapai 125,76 juta hektare (ha) pada 2022.

Sayangnya, seperti yang disampaikan Manager Program Hutan Itu Indonesia, Christian Natalie, Indonesia juga menjadi negara dengan laju kerusakan hutan paling cepat sedunia. "Indonesia tercatat di World Guinness Book of Records sebagai negara dengan tingkat laju kerusakan tercepat nomor satu di dunia. Dalam lima tahun terakhir saja, Papua telah kehilangan hutannya seluas 3,5 kali pulau Bali,” ujarnya.

Duh, sayang sekali ya? Padahal tidak sedikit masyarakat kita yang menggantungkan hidup dari keberadaan hutan. Belum lagi kalau bicara soal keanekaragaman hayati yang ada di dalam hutan Indonesia. Tak terhitung flora dan fauna langka yang menjadikan hutan Indonesia sebagai habitat alaminya, seperti bunga rafflesia arnoldi misalnya.

Kalau terus-terusan dirusak oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab dan hanya memikirkan kepentingannya sendiri, bukan cuma mengancam kehidupan di sekitar hutan saja, tapi juga seluruh Indonesia bahkan dunia karena dampak perubahan iklim tak lagi bisa dikendalikan.

Langkah Kecilku, Untukmu Bumiku

Terkadang sudah muncul kesadaran dan kepedulian akan nasib Bumi di dalam diri. Sudah ingin berbuat sesuatu agar dampak perubahan iklim bisa teratasi. Sayangnya, kesadaran tersebut kadang terhenti hanya sebatas niat karena merasa tidak punya cukup power untuk memperbaiki kerusakan yang sudah sangat masif.

Namun, terkait menyelamatkan bumi sebetulnya tidak melulu bicara hal-hal besar kok. Untuk masyarakat awam dan "orang biasa" seperti kita, tidak perlu langsung mereboisasi sekian ribu hektare hutan atau menjadi aktivis peduli lingkungan.

Banyak hal lain berupa langkah-langkah kecil sederhana yang bisa dilakukan siapa saja untuk menyelamatkan Bumi kita. Saya sendiri sudah memulainya dari rumah. Sesimpel mematikan lampu yang tidak dipakai, memilah sampah, menghemat penggunaan air, membawa tumblr air minum sendiri, atau membawa tas kain sendiri saat berbelanja.


Belakangan, saya juga rajin memanfaatkan sampah kemasan plastik dari pemakaian sehari-hari, menjadi media pot untuk tanaman. Lumayan lho hasilnya, saya jadi tidak perlu membeli cabai, tomat, atau bumbu-bumbu perdapuran lainnya karena cukup memetiknya dari halaman rumah.

Nah, kalau kalian, punya langkah apa saja untuk menyelamatkan Bumi kita? Share di kolom komentar dong!

1 komentar:

  1. Yang sudah dilakukan, bawa air sendiri. Udah jarang beli minuman kemasan. Makan selalu dihabiskan (karena sumber daya itu jadi tanggung jawab bersama, gak hanya berhenti di: lha ini kan aku beli pake uang sendiri), sama sebisa mungkin hemat energi dan air.

    BalasHapus

Baca juga

Mimpi 15.529 Km

Tulisan ini dibuat dengan rasa rindu yang sangat, pada sosok manusia paling kontradiktif yang pernah kukenal : Papa. Mimpi 15.529 km | kuc...